AdvertorialDPRD Kutim

Faisal Dorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah Lewat Optimalisasi APBD

Bujurnews – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Timur, Faisal Rachman, dorong pertumbuhan ekonomi daerah lewat optimalisasi APBD. Faisal menekankan pentingnya peran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebagai penopang utama stabilisasi ekonomi.

“Ekonomi daerah itu kan salah satu penopang utamanya adalah APBD, yang memiliki fungsi stabilisasi. Dari enam fungsi APBD, stabilisasi merupakan salah satu yang paling penting,” ujar Faisal, Senin (29/7/2024).

Faisal menjelaskan bahwa penggunaan tenaga lokal, material lokal, dan pengusaha lokal dalam proyek-proyek yang didanai APBD merupakan salah satu strategi yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

“Sekarang sudah dibuka E-katalog, di mana 40% belanja harus melalui E-Katalog. Ini menjadi salah satu cara yang efektif untuk mengangkat dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal,” ujarnya.
Lebih lanjut, Faisal menyoroti pentingnya kemampuan daerah dalam menciptakan produk yang dapat dijual ke masyarakat.

“Yang paling penting sebetulnya adalah kemampuan kita untuk menciptakan produk yang dijual ke masyarakat. Ketika produk diciptakan, di situ ada nilai tambah yang melibatkan sumber daya manusia dan material pendukung lokal,” jelasnya.

Menurutnya, APBD memiliki potensi untuk menumbuhkan produk-produk baru yang dapat dipasarkan di Kutai Timur.

“Saya rasa, kalau misalkan mau ditingkatkan bagaimana APBD itu bisa menumbuhkan itu tadi produk-produk baru yang dijual di Kutai Timur. Saya rasa APBD kita mampu untuk itu,” pungkasnya.(adv/adl/ja)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button