AdvertorialPemkab Penajam Paser Utara

Wujudkan Kabupaten Layak Anak, Dinas P3AP2KB PPU Gelar Sosialisasi RIRA

Foto: Ketua TP PKK PPU, Sri Kusuma Winahyu (Humas Pemkab PPU)

PENAJAM –  Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) PPU menggelar sosialisasi Rumah Ibadah Ramah Anak (RIRA) di Aula Lantai III kantor Bupati PPU, Selasa (08/10).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas SDM tentang RIRA, meningkatkan komitmen bersama pemerintah daerah, OPD dan masyarakat tentang pemenuhan hak anak untuk pendidikan dan pemanfaatan waktu luang serta kegiatan seni budaya.

Kegiatan ini dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK PPU, Sri Kusuma Winahyu, Kepala Dinas P3AP2KB PPU, Chairur Rozikin dan sejumlah pejabat terkait lainnya di lingkup PPU. 

Kepala Dinas P3AP2KB PPU Chairur Rozikin mengatakan, penguatan fungsi rumah ibadah memerlukan keterlibatan antara pemerintah dan lembaga keagamaan. 

Menurutnya, lembaga agama merupakan bagian dari masyarakat yang mendukung pemerintah dalam upaya pemenuhan hak anak dan perlindungan dari segala bentuk kekerasan, eksploitasi, kerentanan, diskrimnasi dan perlakuan salah lainnya.

“Saya berharap kepada seluruh pengurus masjid maupun gereja menjadi ramah anak, yang bebas dari segala bentuk kekerasan, eksploitasi, kerentanan, diskrimnasi dan perlakuan salah lainnya,” kata Chairur.

Sementara itu Ketua TP PKK PPU, Sri Kusuma Winahyu mengungkapkan, pihaknya mendukung dalam mengimplementasikan program RIRA di kabupaten PPU.

“PKK siap mewujudkan rumah ibadah ramah anak, menciptakan rumah ibadah yang tidak hanya menjadi tempat beribadah tetapi juga tempat yang aman dan menyenangkan bagi anak-anak kita,” ucapnya.

Setelah sosialisasi ini berlangsung, dilaksanakan penandatanganan komitmen bersama oleh undangan yang hadir untuk mewujudkan rumah ibadah yang ramah anak, untuk mendukung kabupaten layak anak di PPU. (adv/ape)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button