AdvertorialPemkab Penajam Paser Utara

Dorong Pariwisata Berkelanjutan, Disbudpar PPU Fokus Kembangkan SDM Pokdarwis

Foto: Kepala Disbudpar PPU, Andi Israwati Latief (Ist)

PENAJAM – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Penajam Paser Utara (PPU) terus mengembangkan sektor pariwisata berkelanjutan dengan melibatkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) memiliki peranan penting dalam hal tersebut.

Kepala Disbudpar PPU, Andi Israwati Latief menyatakan, PPU memiliki 15 Pokdarwis yang dibina untuk aktif mengelola dan mempromosikan potensi wisata lokal agar menjadi destinasi wisata berkelanjutan.

“Pokdarwis selalu diberikan arahan agar dapat bekerja sama dan berkontribusi untuk pengembangan pariwisata di PPU,” ungkap Andi.

Selain arahan, Disbudpar juga berfokus pada pengembangan sumber daya manusia (SDM) Pokdarwis melalui berbagai program seperti pelatihan dan bimbingan teknis (bimtek). Hal ini untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas anggota Pokdarwis dalam mengelola destinasi wisata, menyusun paket wisata, hingga mengembangkan amenitas yang mendukung kegiatan pariwisata di daerah.

“Kami mengadakan pelatihan, bimtek, dan berbagai kegiatan pengembangan SDM untuk Pokdarwis. Kami juga memiliki grup komunikasi khusus untuk berbagi informasi penting secara cepat dan efisien kepada mereka,” jelasnya.

Salah satu kegiatan yang baru-baru ini dilaksanakan adalah rembuk wisata, yang melibatkan seluruh Pokdarwis di PPU untuk memperkuat koordinasi antara Disbudpar dan Pokdarwis, serta diskusi bersama dalam pengembangan pariwisata.

“Rembuk wisata jadi media Disbudpar untuk mendengar langsung kebutuhan dan tantangan yang dihadapi oleh mereka di lapangan,” tutup Andi.

Dengan kolaborasi antara pemerintah dan komunitas wisata lokal, diharapkan sektor pariwisata di PPU semakin berkembang dan mampu menarik lebih banyak wisatawan serta mendukung pertumbuhan ekonomi daerah. (adv/ape)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button