AdvertorialDPRD Kutim

Novel Tyty Soroti Pentingnya Dokter Spesialis dan Tenaga Medis yang Kompeten di RS Pratama

Bujurnews – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Timur, dr. Novel Tyty Paembonan, menyoroti kesulitan masyarakat di kecamatan dan desa dalam mendapatkan pelayanan spesialis. Untuk mengatasi ini, telah dibangun Rumah Sakit Pratama di Sangkulirang dan Muara Bengkal.

“Rumah Sakit Pratama di Sangkulirang, misalnya, membackup beberapa kecamatan terdekat seperti Sangkuriang, Kaliorang, dan Kaubun. Ketika ada kasus-kasus darurat, mereka tidak perlu pergi jauh ke ibu kota kabupaten,” ucapnya.

Ia menekankan pentingnya keberadaan Rumah Sakit Pratama dalam situasi darurat, mengingat akses jalan yang seringkali tidak dapat menjamin keselamatan pasien dalam perjalanan.

“Misalnya dari Muara Bengkal atau Muara Ancalong, akses jalan bisa menjadi kendala besar. Dengan adanya Rumah Sakit Pratama di Sangkulirang dan Muara Bengkal, kita dapat memberikan penanganan cepat dan mengurangi risiko terhadap pasien,” ujarnya.

Namun, dr. Novel juga mengakui tantangan dalam mempertahankan dokter spesialis di daerah-daerah tersebut.

“Nah sekarang kita minta pemerintah, karena saya dengar kadang-kadang dokter spesialis nggak betah. Kenapa nggak betah karena itu tadi jaminan hidup mereka tidak sesuai harapan teman-teman spesialis. Saya kira kalau sesuai aturan regulasinya misalnya, katakanlah begini gajinya mereka maksimal berapa sih Oh perbulan misalnya 25 juta anggaran kita sanggup berapa Kita tawar dokternya, 20 juta dokter siap? Oke. Karena yang kita pentingkan adalah menyelamatkan nyawa masyarakat Kutai Timur ini dari kasus-kasus emergency,” paparnya.

Ia menekankan pentingnya ketersediaan dokter spesialis dan tenaga medis yang kompeten di Rumah Sakit Pratama untuk menangani berbagai kasus darurat, seperti komplikasi kehamilan.

“Ibu-ibu tiba-tiba misalnya terjadi posisi lintang hamilnya Bidan kan tidak bisa bertindak itu harus dokter obgyn yang tindaki. kayak di sangkulirang tidak perlu mereka kesini karena disana ada dokter Obgyn anestesi biusnya ada tenaga anestesi dilakukan di situ,” pungkasnya.(adv/adl/ja)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button