AdvertorialDPRD Kutim

Komisi C DPRD Kutim Kunker ke DPR RI Kawal Pembangunan Pelabuhan Kenyamukan

Sangatta – Komisi C DPRD Kutai Timur (Kutim) mengatensi rencana pembangunan Pelabuhan Kudungga yang berada di Dusun Kenyamukan, Desa Sangatta Utara, Kecamatan Sangatta Utara.

Guna memastikan pembangunan tersebut, Anggota DPRD Kutim Jimmi, bersama Komisi C, belum lama ini melakukan kunjungan ke DPR RI. Mereka memastikan APBN yang akan dikucurkan untuk pelabuhan tersebut.

“Dari kunjungan Komisi C DPRD Kutim kemarin, DPR RI sudah sedang membahas tentang nilai untuk memasukan APBN di sana sekitar Rp 70-80 miliar untuk sisi daratnya,” ujar Jimmi di Gedung DPRD Kutim, Rabu (3/11/2022).

Selain itu, Komisi C DPRD Kutim juga memonitoring anggaran untuk membangun jalan pendekat Pelabuhan Kudungga yang rencananya dikucurkan dari PT Kaltim Prima Coal (KPC) melalui dana CSR.

“Dari KPC itu sekitar Rp 30 miliar, itu kontribusi KPC. Infonya November ini akan melakukan lelang, sisi darat juga yang menghubungkan antara causeway,” beber Jimmi.

Untuk ABPD Kutim, Jimmi mengatakan skema anngaran menggunakan sistem anggaran dana kontrak tahun jamak (multiyears), dengan menyasar pembangunan sisi causeway. Ini dianggarkan lewat APBD 2023.

“Ini mencapai 70 miliar dari Dinas Perhubungan Kutim, itu untuk multiyears 2023. Saya kira sudah cukup banyak anggaran yang disiapkan pemerintah, baik dari pusat, daerah, bahkan swasta juga terlibat di situ,” ucapnya.

Legislator PKS itu berharap pembangunan Pelabuhan Kudungga dapat dilaksanakan sesuai target dan rencana.

“Mudah-mudahan Oktober 2023 di HUT Kutim, kita bisa upacara di Pelabuhan, itu, targetnya itu dan mudah-mudahan dapat tercapai,” terang Jimmi.

Diketahui, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kutai Timur (disingkat DPRD Kabupaten Kutai Timur) adalah lembaga legislatif unikameral yang menjadi mitra kerja Pemerintah Kabupaten Kutai Timur, provinsi Kalimantan Timur, Indonesia.

Hasil Pemilu 2019, DPRD Kabupaten Kutai Timur memiliki 40 anggota yang tersebar di 10 partai politik, dengan perolehan kursi terbanyak diraih oleh Partai Persatuan Pembangunan.

Pada Pemilu 2019, pemilihan DPRD Kabupaten Kutai Timur dibagi kedalam 4 daerah pemilihan.

40 Anggota DPRD Kabupaten Kutai Timur periode 2019-2024 yang dilantik diusung oleh 10 Partai Politik yaitu Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Golongan Karya (Golkar), Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Demokrat, Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Berkarya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Gedung DPRD Kabupaten Kutai Timur terletak di Komplek Perkantoran Pemerintah Daerah Jalan Bukit Pelangi, Kelurahan Teluk Lingga, Kecamatan Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur. (*)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button