AdvertorialPemkab Kutim

Dishub Kutim Akan Buat Terminal Tipe C, Rencana di Kawasan Kenyamukan 

Bujurnews – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) akan membuat terminal tipe C yang rencananya dibangun di daerah Kenyamukan demi mendukung keberadaan Pelabuhan Kenyamukan.

Demikian disampaikan oleh Kepala Dishub Kutai Timur, Joko Suripto belum lama ini, bahwa pihaknya juga telah melakukan kajian-kajian perencanaan pembangunan terminal tipe C sejak tahun 2022 lalu.

Kemungkinan besar akan dipilih di lokasi sekitar Kenyamukan sebab untuk mendukung keberadaan Pelabuhan Kenyamukan yang akan beroperasi dalam waktu dekat ini.

“Mungkin nanti di Kenyamukan ya, rencananya agar terintegrasi dengan Pelabuhan Kenyamukan, hubungannya juga sekaligus pelayanan uji KIR disana,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui bahwa Kutai Timur telah memiliki 3 terminal tipe C di Kecamatan Bengalon, Kecamatan Rantau Pulung dan Kecamatan Muara Bengkal.

Adapun Terminal Sangatta di KM 03 telah lama diambil alih oleh Provinsi lantaran naik menjadi terminal tipe B yang digunakan oleh bus antar kota dalam provinsi (AKDP).

“Saat ini Kutai Timur memiliki 3 terminal tipe C di Bengalon, Rantau Pulung dan Muara Bengkal, untuk yang di Sangatta ini kan sudah menjadi tipe B yang merupakan kewenangan Provinsi,” urainya.

Lebih lanjut, katanya, kebutuhan lahan yang digunakan untuk pembuatan terminal tipe C di daerah Kenyamukan berkisar 2 hektare termasuk lahan untuk uji KIR bahkan area untuk para UMKM lokal di Kutai Timur.

Ia berharap tahun ini pihaknya bisa melakukan pengadaan lahan yang dimaksud sehingga pembangunan terminal tipe C dapat segera dilakukan.

“Ya maunya seperti itu (terminal terintegrasi Uji KIR dan UMKM), mudah-mudahan tahun ini kita bisa pengadaan lahanlah,” pungkasnya. (adv/bjn-2/bjn-1)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button