AdvertorialHeadline

Tutup UKW AJKT, Bupati Kutim Sebut Wartawan Punya Peran Besar Dalam Pembangunan Daerah

Bujurnews.com, Sangatta- Peran media massa saat ini sangat vital. Kini media massa, sudah menjelma menjadi “corong” terdepan dalam penyampaian informasi kepada khalayak ramai. Baik informasi terkait pemerintah, swasta maupun masyarakat. Hal tersebut diakui Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman saat hadir dalam penutupan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar Aliansi Jurnalis Kutai Timur (AJKT) di Hotel Royal Victoria, Minggu (14/11/2021).

“Orang yang tidak tahu menjadi tahu, karena ada rekan-rekan wartawan. Tadinya orang nggak kenal, menjadi kenal, yang tadinya orang mengerti bisa mengerti. Berkat adanya wartawan menjadi orang menjadi tahu (informasi),” ungkap Ardiansyah.

Orang nomor satu Kutim itu pun berharap pemerintah dan media terus bersinergi. Ia mengakui pembangunan di Kutim yang memiliki luas wilayah yang setara dengan luas wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Provinsi Jawa Tengah itu, tidak bisa hanya dilakukan oleh Pemerintah Kutim semata, namun dibutuhkan sinergitas dari semua komponen, baik masyarakat, swasta, wartawan dan pihak lainnya.

““Kita merangkak membangun Kutim ini. Sehingga, saya butuh informasi-informasi up to date (terkini) dari teman-teman. Wartawan punya kemampuan untuk menyampaikan itu ke publik, termasuk kepada Pemeritah,” jelasnya.

Ardiansyah memberikan contoh, ketika ada bencana alam longsor di Kecamatan Muara Bengkal, melalui media massa informasinya begitu cepat tersebar. Sehingga, melalui informasi yang update pemerintah bisa segera bergerak mencari solusinya.

“Dengan cepat informasi itu, saya pun segera tahu dan melakukan koordinasi dengan Dinas PU (Pekerjaan Umum) dan Perusahaan sekitar untuk melakukan perbaikkan. Begitu juga dengan informasi-informasi kejadian atau peristiwa lainnya,” beber Ardiasyah.

Untuk itu sambungnya, Pemkab Kutim membutuhkan informasi-informasi yang up to date (terkini) dari rekan-rekan wartawan agar memberikan masukan atau informasi. Sehingga pekerjaan-pekerjaan pemerintah bisa tepat sasaran.

“Saya ucapkan selamat, kepada saudara-saudara semua yang tergabung dalam AJKT, yang hari ini alhamdullilah sudah melaksanakan UKW dan sudah dinyatakan kompeten semua. Semoga dalam bekerja semakin profesional dalam menyajikan berita,” tutupnya. (adv/kei/hdd)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button