AdvertorialPemkab Kutim

Irma Sebutkan Tahapan Pelakasanaan Pendidikan Anti Korupsi Jaga.Id

Bujurnews, Sangatta – Dinas Pendiidkan (Disdik) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menggelar kegiatan bimbingan teknis (bimtek) Pendidian Anti Korupsi melalui aplikasi Jaga.id.

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Plt. Kepala Disdik Kutim, Irma Yuwinda dan dihadiri oleh narasumber dari Kasidatun Kejaksaan Negeri Kutim, Reza Pahlevi.

Kegiatan berlangsung selama 2 haru, Jumat (11/11/2022) dan Sabtu (12/11/2022) di Hotel Kutai Permai, Kecamatan Sangatta Selatan.

“Tahapan yang saat ini digelar bukan lagi sosialisasi namun telah berada pada tahap monitoring pelaksanaan pendidikan anti korupsi di setiap satuan jenjang pendidikan,” ungkap Irma.

Ia menyebutkan dalam pengimplementasian jaga.id terdiri dari beberapa tahapan diantaranya pembuatan regulasi daerah.

Dimana Kutim telah membuat regulasi berupa Perbup nomor 45 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Anti Korupsi pada Satuan Pendidikan.

“Kemudian tahap keduanya sosialisasi pendidikan Anti Korupsi pada satuan pendidikan yang telah kita lakukan awal tahun 2022 kemarin,” bebernya.

Tahapan selanjutnya ialah pembuatan rencana kerja yang melibatkan seluruh satuan pendidikan dengan membuat user untuk memanfaatkan fitur yang ada di aplikasi jaga.id.

Setalah tahap perencanaan, lanjutnya, ada tahap pengalokasian anggaran.

“Sementara ini alokasi anggaran masih di Dinas Pendidikan, namun harapannya ke depan bapak/ibu Kepsek selaku pengelola BOS dan Bosda itu mampu memasukkan arkasnya masing-masing,” terangnya.

Terakhir tahapan monitoring pelaksanaan, seperti yang sedang berlangsung yang mana pihak sekolah akan dimonitor terkait pelaksanaan atau pengaplikasian pendidikan sekolah.

Perlu diketahui, bimtek jaga.id diikuti oleh 188 peserta yang terdiri dari jenjang SD negeri dan swasta sebanyak 73 sekolah dari Kecamatan Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Teluk Pandan, Bengalon dan Rantau Pulung.

Sedangkan dari jenjang SMP negeri dan swasta sebanyak 25 sekolah daru Kecamatan Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Teluk Pandan, Bengalon dan Rantau Pulung. (Nur)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button