TNI

Babinsa Selamet Sigap Bantu Korban Kebakaran Padamkan Kobaran Api

Bujurnews – Sangatta Utara – Membantu kesulitan masyarakat sudah menjadi tanggungjawab seorang aparat teritorial, apalagi menjadi Babinsa yang selalu berada diwilayah, ada kejadian sekecil apapun babinsa harus terjun secara langsung membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi warga, termasuk terjadi musibah bencana.

Hal tersebutlah yang mendorong Babinsa Koramil 0909-01 Pelda Selamet Riyanto dengan sigap membantu pemadaman api, pada musibah kebakaran yang terjadi pada bangunan rumah di jalan Tongkonan Ranu, Kecamatan Singa Gembara Kabupaten Kutai Timur.

Pelda Selamet Riyanto selaku Banbinsa menuturkan, dalam aksi nyata, selain kegiatan pembinaan wilayah, dirinya juga kerap membantu aparat pemadam kebakaran dalam hal menjinakan si jago merah diwilayah binaan. Hal tersebut dilakukan sekaligus guna meningkatkan hubungan kekeluargaan dan menjalin ikatan batin sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

“Ini merupakan bentuk aksi nyata kemanungalan TNI. Salah satunya dengan membantu aparat pemadam kebakaran dan korban yang terkena musibah kebakaran seperti ini akan semakin meningkatkan kepedulian sesama” Ucap Babinsa Selamet Riyanto disela waktu melakukan pertolongan aksi nyata terhadap warganya yang sedang terkena musibah kebakaran pada wilayah binaan, Sbatu malam (4/2).

Ditemui dalam kesempatan berbeda, Danramil 0909-1 Sangatta Kapten Inf Arif Safardiyatno menjelaskan, bahwa tugas dan fungsi TNI tidak hanya melakukan operasi perang akan tetapi juga melakukan operasi selain perang, salah satunya membantu kesulitan rakyat yang sedang tertimpa musibah merupakan.

“Kewajiban Babinsa sebagai tulang punggung dan ujung tombak satuan Teritorial. Sebagai salah satu perwujudan dari 8 wajib TNI, yaitu mengatasi kesulitan rakyat disekitar, termasuk membantu korban musibah kebakaran. Baik bantuan materi maupun non materi seperti bantuan tenaga” Ucapnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button