AdvertorialKukar

Pemkab Kukar Fasilitasi Bimtek Penerapan Desa Ramah Lingkungan

Foto : Suasana bimtek diinsiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kukar. (Istimewa)

Bujurnews, KUTAI KARTANEGARA – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono membuka Sosialisasi Desa/Kelurahan Ramah Lingkungan dan Bimbingan Teknis Pengimputan Aplikasi Daring pada halaman website Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK), Senin (17/4/2023) di Grand Fatma Hotel, Tenggarong.

“Pemkab Kukar memiliki visi terwujudnya meningkatkan pengelolaan sumber daya alam yang berwawasan lingkungan,” katanya.

Menurut Sunggono, pihaknya menetapkan program desa ramah lingkungan.

Program dedikasi Kukar Idaman yang ditujukan untuk memperkuat pelestarian lingkungan pada desa/kelurahan dengan memberikan insentif bagi desa, kelurahan hingga RT yang menumbuhkan kebersamaan dalam pengelolaan pembangunan berbasis pelestarian lingkungan.

“Penerapan desa ramah lingkungan minimal 30 persen dari jumlah desa/kelurahan. Atau ada sebanyak 71 desa yang diikutkan dalam program ini,” ujarnya.

Program tersebut akan menumbuhkan kebersamaan dalam pengelolaan pembangunan berbasis pelestarian lingkungan meliputi pengelolaan sampah, sanitasi lingkungan, konservasi air, konservasi energi, penghijauan dan peran masyarakat secara terstruktur, mandiri dan berkelanjutan,” pungkasnya. (Kar)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button