Kota

Cuti Bersama, BPJS Libur Faskes Pertama Tak Buka Layanan, Masyarakat Bingung Harus Berobat ke Mana ?

Foto : Pemberitahuan terpampang pada klinik faskes tingkat pertama yang ada di daerah Sambutan, Samarinda. (Istimewa)

Bujurnews, Samarinda – Masyarakat keluhkan liburnya layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan pada fasilitas kesehatan tingkat pertama (faskes tingkat 1). Bagaimana tidak, masyarakat di buat bingung dengan kebijakan aturan yang di terapkan pada salah satu klinik kesehatan yang menjadi tujuan faskes tingkat 1 di daerah Sambutan, Samarinda.

Klinik tersebut menerapkan kebijakan tidak melayani masyarakat yang ingin berobat menggunakan BPJS Kesehatan untuk sementara waktu, di karenakan libur cuti bersama.

Hal itu tentu saja membuat masyarakat menjadi bingung ketika ingin berobat. Hal itulah yang di alami salah seorang masyarakat di daerah Sambutan. Dirinya mengaku tak di layani ketika datang berobat menggunakan BPJS Kesehatan, di karenakan libur cuti bersama.

Ia merasa bingung dengan penerapan aturan yang berlaku tersebut, sebab menurutnya aturan libur cuti bersama tersebut di tujukan untuk para pegawai pemerintah bukan untuk layanannya.

“Kalau beginikan bingung jadinya, saya mau berobat tapi tidak bisa. Padahal selalu bayar terus iuran BPJS, tapi malah tidak di layani karema alasan cuti bersama,” ucap salah satu masyarakat yang tidak ingin di sebutkan namanya kepada awak media Bujurnews.com (28/6).

“Kan lucu sekali kalau begini jadinya. sakit gak bisa di tunda dan tak mengenal waktu, masa harus di suruh tunggu jangam sakit dulu sampai selesai cutinya,” imbuhnya.

Sementara itu, saat di hubungi via WhatsApp dr. Dewi pemilik klinik menjelaskan jika memang sudah menjadi kebijakan pemerintah melalui BPJS Kesehatan Kota Samarinda terkait pemberlakuan aturan kebijakan tersebut.
Menurutnya, ia hanya menjalankan arahan terkait aturan yang berlaku berdasarkan dari edaran yang sampai ke dirinya dari pihak BPJS Kesehatan Kota Samarinda.

“Bukan tidak di layani, akan tetapi kami hanya mengikuti kebijakan aturan yang sudah di tetapkan oleh pemerintah. Jika sudah habis masa libur cuti bersama maka layanan itu akan kami buka kembali,” ungkap dr. Dewi seraya mengirimkan terusan chat WhatsApp dari pihak BPJS Kota Samarinda kepada awak media Bujurnew.com

WhatsApp pemilik Klinik kepada awak media Bujurnews.com

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button