AdvertorialPemkab Kutim

Meriahkan HUT RI Ke-78, Pemkab Kutim Bakal Gelar Pesta Rakyat Kemerdekaan

Bujurnews, Kutai Timur – Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang dipercaya sebagai Ketua Panitia Hari Ulang Tahun (HUT) baik untuk Kemerdekaan RI maupun Hari Jadi Kutai Timur.

Dalam kesempatan tersebut, saat membuka acara lomba tradisional, orang nomor 2 di Kutai Timur itu menyampaikan bahwa tujuan digelarnya lomba untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-78 di Kutim.

Di mana, pihaknya menggelar banyak kegiatan untuk memeriahkan Kemerdekaan RI ke-78 di berbagai satuan kerja perangkat daerah (SKPD) seperti mini soccer di DPRD Kutim, Merdeka Cup di Sekkab Kutim, lalu lomba tradisional di Dispora Kutim.

“Insyallah di penghujung bulan nantu kita akan ada pesta rakyat kemerdekaan dan lomba tradisional ini juga akan kami gelar pada HUT Kutim nanti,” ungkapnya, Senin (21/8/2023).

Ia melaporkan lomba tradisional yang digelar ada 6 jenis, yaitu Asen Naga, Patok Lele, Sumpit, Tarik Tambang, Gasing dan Bakiak.

Adapun jumlah peserta untuk lomba sumpit diikuti oleh 15 tim, gasing putra sebanyak 37 orang putra dan 13 orang putri, Patok Lele diikuti oleh 24 tim putra dan 18 tim putri, Tarik Tambang diikuti oleh 22 tim putra dan 20 tim putri, Bakiak diikuti sebanyak 12 tim putra dan 8 tim putri.

“Sedangkan Asen Naga diikuti oleh peserta umum putra sebanyak 17 tim dan putri 22 tim lalu peserta pelajar putra 111 tim dan putri 10 tim,” imbuhnya.

Dikonfirmasi secara terpisah, Koordinator Lomba Asen Naga Dispora Kutim, Romi Paslah bahwa kegiatan tersebut digelar selama 2 hari, tanggal 21 dan 22 Agustus 2023 di halaman Kantor Bupati Kutim.

“Kalau lomba Asen Naga ada 2 kategori, peserta umum dan pelajar, dan akan diambil juara 1 dan 2 yang jelas memperebutkan hadiah total Rp 60 juta untuk 6 jenis lomba,” pungkasnya. (Adv/Bjn-02/Ja)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button