KotaKutim

Angin Puting Beliung Terjang 11 Rumah Warga, Pemkab Kutim Berikan Bantuan

Bujurnews, Kutai Timur – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kutai Timur, Muhammad Idris Syam menyampaikan pihaknya telah mendapatkan laporan berupa kejadian hujan lebat dan angin kencang di wilayah Kelurahan Teluk Lingga, Sangatta Utara, Kutai Timur.

“Pada hari sabtu sore kemarin kami mendapatkan laporan terjadinya angin kencang di wilayah RT 04 Kelurahan Teluk Lingga. Kami telah melakukan pendataan dan ada 29 orang terdampak, dimana itu terdiri 11 Kepala Keluarga,” ucap idris saat dikonfirmasi, Senin (15/1/2024).

Untuk penanganan bencana tersebut, pihaknya juga dibantu oleh beberapa instansi lainnya, diantaranya Dinas Sosial, Tagana Kutim, Dinas Perkim dan Dinas Penata Ruang.

“Tadi kami koordinasi dengan Dinas Perkim dan PU, dimana mereka telah melakukan estimasi dana kerugian dan selanjutnya akan dilakukan pemulihan,” pungkasnya.

Idris menambahkan, pihaknya juga telah mendistribusikan beberapa bantuan diantaranya, selimut, makanan siap saji, terpal, sabun mandi, gula, sarden, tikar, dan minyak goreng.

“Selain dari bantuan langsung, kami juga mendirikan tenda darurat. Namun disana panas makanya mereka mengungsi di rumah tetangga yang tidak terdampak,” imbuhnya.

Sementara, Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang menyerahkan bantuan dana untuk membantu meringankan beban biaya perbaikan rumah yang rusak.

“Dengan adanya bantuan ini semoga dapat meringankan beban korban terutama dalam perbaikan atap.” ujarnya

Ia juga berpesan kepada warga setempat agar tetap waspada dalam menghadapi situasi perubahan iklim yang dapat mengakibatkan angin puting beliung.

“Mari hati-hati karena diawal tahun ini banyak kejadian ekstrim, terutama cuaca yang mengalami perubahan. Alhamdulillah atas kejadiaan ini tidak ada korban jiwa, hanya atap rumah yang bergeser dan hilang,” ucapnya.(adl/ja)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button