Samarinda

Penguatan Ketahanan Pangan: Pesan Inspiratif Lenggono di PKKMB FISIP Unmul

Bujurnews – Dalam rangkaian acara Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman (FISIP Unmul), Lenggono, tenaga pendidik di Program Studi Agribisnis, memberikan wawasan berharga mengenai pentingnya pendidikan dan pemberdayaan komunitas. Dengan konsentrasi keilmuan di Sosiologi Pedesaan, Sosiologi Ekonomi Lokal, serta komunikasi dan penyuluhan pembangunan pertanian, Lenggono juga mendalami kajian agraria-ekologi dan diskursus ekonomi politik konstitusional.

Saat ini, Lenggono menjabat sebagai Direktur Ketahanan Pangan di Kedeputian Lingkungan Hidup dan Sumberdaya Alam Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN). Ia menjelaskan bahwa perjalanan kariernya hingga mencapai posisi Eselon II ini tidak lepas dari fokus keilmuan yang ditekuni serta relasi yang dibangun selama ini. “Dengan fokus keilmuan dan banyak membangun relasi, saya bisa menjadi Pejabat Eselon II Direktur Ketahanan Pangan Otorita IKN melalui jalur open bidding,” ungkap Lenggono.

Dalam kesempatan tersebut, Lenggono memberikan pesan motivasi kepada 669 mahasiswa baru yang hadir. Ia mengajak mahasiswa untuk tidak hanya belajar, tetapi juga mengembangkan kecerdasan mereka. “Belajarlah karena kita akan membutuhkannya segenap kecerdasan kita,” ujarnya. Dia juga mengingatkan pentingnya semangat dalam menghadapi berbagai rintangan. “Beragitasilah karena kita akan membutuhkan segenap antusiasme kita,” tambahnya.

Lebih jauh, Lenggono menegaskan bahwa organisasi adalah sarana penting untuk mengembangkan kekuatan kolektif. “Berorganisasilah karena kita akan membutuhkan segenap kekuatan kita,” tegasnya. Pesan-pesan ini diharapkan dapat membangkitkan semangat mahasiswa untuk aktif dalam kegiatan kampus dan komunitas.

Acara PKKMB FISIP Unmul ini juga dihadiri oleh Walikota Samarinda, Dr. H. Andi Harun, serta para pimpinan fakultas, termasuk Dekan FISIP Unmul, Wakil Dekan, dan sejumlah guru besar. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, pada 10-11 Agustus 2024, dan bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa baru kepada kehidupan kampus serta membekali mereka dengan nilai-nilai kolaborasi dan pemberdayaan.

Dengan kehadiran tokoh-tokoh penting dan pesan inspiratif dari Lenggono, PKKMB FISIP Unmul diharapkan dapat menjadi langkah awal yang kuat bagi mahasiswa baru dalam menapaki perjalanan akademik dan pengabdian mereka di masa depan. (*)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button