AdvertorialBontangDPRD BontangKota

Kembali Raih Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra dari KLHK, Andi Faiz: Ini Keberhasilan Bersama

BONTANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bontang kembali menyabet penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2023 untuk kategori kota kecil. Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia di Gedung Manggala Wanabakti Jakarta, Rabu (18/9/2024). 

Penghargaan yang diberikan langsung oleh Menteri KLHK RI, Siti Nurbaya Bakar itu sebagai bentuk apresiasi terhadap kepala daerah dan pimpinan DPRD yang dianggap berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan sesuai prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan. Karena jasanya tersebut, kualitas hidup di daerahnya meningkat. 

Sementara itu, penghargaan untuk DPRD Bontang diterima langsung ketua sementara, Andi Faizal Sofyan Hasdam. 

Pria yang akrab disapa Bang Faiz ini mengatakan jika hal itu merupakan penghargaan kedua yang pihaknya terima selama menjabat sebagai Ketua DPRD Bontang. 

“Alhamdulillah, ini menjadi penghargaan kedua. Artinya DPRD Bontang dinilai sebagai lembaga yang peduli terhadap lingkungan hijau dan berkelanjutan. Baik dari segi anggaran, program-program DLH, pasukan kebersihan, hingga program penanggulangan banjir,” ungkapnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (18/9/2024).

Ia menyebut, bahwa hal ini menunjukkan bahwa sinergitas antara DPRD dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) selama ini berjalan dengan baik. 

Untuk itu, pihaknya berharap komunikasi antara Pemkot Bontang, DLH, serta DPRD Bontang bisa terus terjalin dengan baik sehingga penghargaan ini bisa terus dipertahankan di tahun-tahun mendatang. Tidak hanya penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra, tetapi juga penghargaan lingkungan lainnya, seperti Adapura. 

Dalam acara penganugerahan itu, Menteri KLHK Siti Nurbaya Bakar turut menyampaikan, bahwa Nirwasita Tantra merupakan penghargaan bagi kepala daerah yang telah mampu dan memiliki visi pengelolaan lingkungan hidup yang bermanfaat dan berkelanjutan. Kepemimpinan model tersebut mampu membangun formulasi kebijakan lingkungan bagi masyarakat.

“Keberhasilan agenda-agenda lingkungan juga perlu mendapat dukungan DPRD. Oleh karena itu, saya memberikan aplaus tertinggi kepada DPRD dan kepala daerah yang bersama-sama menerima penghargaan,” tukasnya. (adv/ape)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button