NasionalPolitikTrending Medsos

Jokowi Terbuka Mengenai Kemungkinan Kaesang Maju di Pilkada Serentak 2024

Bujurnews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kini mulai terbuka terkait kemungkinan putra bungsunya, Kaesang Pangarep, untuk maju dalam Pilkada serentak 2024. Dalam pernyataan terbarunya, Jokowi menyebut bahwa Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tersebut memiliki peluang untuk maju di Pilkada Jawa Tengah atau DKI Jakarta.

“Ya, di Jawa Tengah bagus, di Jakarta juga bagus. Karena ini kan semua wilayah Indonesia,” ujar Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (16/7).

Pernyataan ini mengindikasikan dukungan Jokowi terhadap ambisi politik Kaesang. Sebelumnya, Jokowi lebih memilih untuk tidak berkomentar terkait isu tersebut, hanya menyatakan bahwa sebagai orang tua, ia hanya bisa mendoakan yang terbaik untuk putranya.

“Tugasnya orang tua itu hanya mendoakan,” ujar Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma TNI AU, Jakarta, Senin (8/7).

Kaesang Pangarep, yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum PSI, memang menjadi sorotan dalam beberapa bulan terakhir terkait kemungkinan pencalonannya di Pilkada. Dukungan Jokowi secara tidak langsung dapat memperkuat posisi politik Kaesang, mengingat pengaruh besar Jokowi di kancah politik nasional.

Sementara itu, aturan baru dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang mulai berlaku sejak 1 Juli 2024 juga memberikan peluang lebih besar bagi Kaesang. Menurut Peraturan KPU (PKPU) yang ditandatangani oleh Hasyim Asy’ari saat masih menjabat sebagai Ketua KPU, syarat untuk maju menjadi calon gubernur dan calon wakil gubernur minimal berusia 30 tahun. Sedangkan untuk calon bupati, calon wakil bupati, calon wali kota, dan calon wakil wali kota minimal berusia 25 tahun.

Kaesang, yang sudah memenuhi syarat usia ini, memiliki kesempatan yang sama dengan kandidat lain untuk maju di Pilkada. Dengan pengalaman dan popularitasnya, serta dukungan dari PSI, Kaesang diprediksi akan menjadi salah satu calon yang kuat.

Isu pencalonan Kaesang ini juga menimbulkan berbagai reaksi dari publik. Banyak yang mendukung langkah ini sebagai bagian dari regenerasi kepemimpinan di Indonesia. Di sisi lain, ada juga yang mengkritisi langkah ini sebagai bentuk dinasti politik.

Bagaimanapun juga, langkah Kaesang untuk terjun ke dunia politik tampaknya mendapat restu dari sang ayah. Jika Kaesang benar-benar maju dalam Pilkada serentak 2024, pertarungan politik di Jawa Tengah atau DKI Jakarta akan menjadi semakin menarik untuk diikuti.

Sebagai seorang pengusaha muda yang sukses dan kini menjadi pemimpin partai politik, Kaesang memiliki modal yang cukup untuk bersaing di kancah politik nasional. Dukungan keluarga dan partainya akan menjadi faktor penting dalam perjalanan politiknya ke depan. (*)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button