AdvertorialKukar

Sunggono Minta Setda Lakukan Inovasi

Foto : Suasana FGD. (Prokom Kukar)

Bujurnews, KUTAI KARTANEGARA – Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono membuka Forum Group Diskusi (FGD) tentang Koordinasi dan Pelaksanaan Realisasi Anggaran Kegiatan di Lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) Kukar tahun 2023, Kamis (15/6/23) di Ballroom Hotel Aston Samarinda.

Acara yang digelar Bagian Perencanaan dan Keuangan Setda Kukar itu, dihadiri Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kukar Totok Heru Subroto, diikuti seluruh Kepala Bagian (Kabag) Setda Kukar beserta jajarannya.

Sunggono mengatakan, Setda Kabupaten bertugas membantu Bupati dalam melaksanakan tugas penyelenggaraan pemerintahan, administrasi, organisasi dan tata laksana serta memberikan pelayanan administrasi kepada seluruh Perangkat Daerah Kabupaten.

Ia menyebut, saat ini Pemkab dihadapkan pada dunia yang serba sulit diterka dan selalu berubah, situasi yang disebut oleh para ahli sebagai VUCA world (Volatile, Uncertainty, Complexity, and Ambiguity), yang menggambarkan atau merefleksikan volatilitas, ketidakpastian, kompleksitas, dan ambiguitas kondisi dan situasi umum. Permasalahan yang muncul adalah permasalahan yang kompleks, yang tidak dapat lagi diselesaikan dengan cara-cara yang konvensional.

Maka, pekerjaan kedepan bukan hanya mengupayakan solusi atas permasalahan yang ada, melainkan juga secara simultan membangun kapasitas institusi pemerintah yang dinamis, kompeten, dan adaptif sehingga mampu bertahan di tengah persaingan global.

“Oleh karenanya mulai sekarang harus ditumbuh kembangkan inovasi dalam bekerja, jangan hanya terpaku dan terjebak melaksanakan hal-hal rutin saja,” tegasnya.

Sunggono berharap, FGD itu tidak hanya membahas hal-hal normatif tapi juga hal-hal substantif terutama peningkatan kualitas pelaksanaan tugas Setda. Pemahaman terkait indikator dan target kinerja program, kegiatan, sub kegiatan yang diampu atau tanggung jawab Kabag, Esselon 4 dan Fungsional perlu ditingkatkan. (Kar)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button