AdvertorialDPRD Kaltim

Anggota DPRD Kaltim Ajak Warga Akses Bantuan Pemerintah

BALIKPAPAN- Ada beberapa program pemerintah yang sangat bermanfaat bagi masyarakat diantaranya Beasiswa Kaltim Tuntas, bantuan untuk UMKM, hingga bantuan bagi kelompok wanita tani.

Anggota DPRD Provinsi Kaltim Bagus Susetyo mengajak masyarakat untuk mengakses berbagai bantuan pemerintah, tentunya harus melalui prosedur dan sesuai syarat, seperti Beasiswa Kaltim Tuntas, bantuan untuk UMKM, dan bantuan untuk Kelompok Wanita Tani.

“Ada beberapa program pemerintah yang sangat bermanfaat bagi masyarakat diantaranya Beasiswa Kaltim Tuntas, bantuan untuk UMKM, hingga bantuan bagi kelompok wanita tani,” ujar Bagus saat melakukan pertemuan dengan warga Balikpapan, beberapa hari lalu.

Setiap tahun, lanjutnya, Pemprov Kaltim mengalokasikan anggaran sekitar Rp150 miliar untuk beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa, sedangkan untuk tahun 2022 ini, Beasiswa Kaltim yang dialokasikan dari APBD murni senilai Rp156,4 miliar.

Selain itu, lanjutnya, pemerintah juga membantu pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), termasuk untuk kelompok wanita tani untuk budidaya kolam ikan hingga tanaman pertanian yang difasilitasi oleh pihaknya.

Untuk tahun ini, kategori penerima beasiswa masih sama, yakni Beasiswa Kaltim Tuntas bagi mahasiswa dan Beasiswa Kaltim Stimulan untuk pelajar dan mahasiswa.

Untuk Kaltim Tuntas, alokasinya dibagi menjadi tiga kategori, yakni umum prestasi akademik dan umum nonakademik  seperti warga miskin, berkebutuhan khusus, 3T, anak cucu veteran, anak korban KDRT, hafidz/hafidzah, dan dengan pertimbangan khusus. Kemudian ada kategori kerja sama dengan kampus luar daerah.

Ia berharap adanya perhatian ini dapat membantu kebutuhan seluruh anak Kaltim yang membutuhkan, tanpa terkecuali, termasuk bagi anak dengan berkebutuhan khusus. (adv/tw)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button