AdvertorialKukar

Lestarikan Mencaq Undat, Bupati Kukar Harapkan Pariwisata Ekonomi Kreatif Semakin Berkembang

Foto : Suasana malam ramah tamah Mencaq Undat di Kecamatan Tabang. (Istimewa)

Bujurnews, KUTAI KARTANEGARA – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah meninjau perkembangan pembangunan pariwisata dan ekonomi kreatif, dengan menghadiri malam ramah tamah Mecaq Undat, di Lamin Bioq (rumah besar), Jumat (5/5/2023) malam.

Acara ramah tamah yang diisi suguhan kesenian tari-tarian yang dipersembahkan oleh suku Dayak Kenyah itu ditujukan memberikan penghormatan kepada para tamu undangan.

Turut mendampingi bupati pada kesempatan tersebut Asisten Ekonomi dan Pembangunan yang juga Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Wiyono, Kepala Dinas Pariwisata Slamet Hadi Raharja, Kepala Dinas PU Wisnu Wardana, Kepala Dinas Perkebunan M Taufik, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Arianto, dan Kepala Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik Rinda Desianti.

Hadir juga anggota DPRD Kukar dari wilayah Tabang Betaria Magdalena dan Camat Tabang Faizal.

Edi Damansyah mengapresiasi masyarakat Tukung Ritan dan Muara Ritan yang telah menjaga dan melestarikan tradisi Mecaq Undat dengan baik.

Edi mengungkapkan dirinya selalu hadir di setiap perayaan pesta adat Mecaq Undat yang digelar setiap tahun itu.

“Mecaq Undat merupakan salah satu aset adat budaya Kutai Kartanegara sehingga diera sekarang perayaan ini bisa dikemas dengan kesenian lainnya, dan bisa memberikan multiplayer efek terhadap perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Ia berharap Mecaq Undat menjadi salah satu bagian event pariwisata yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Saya berharap melalui event dimana kita berkumpul di sini, mari kita jaga tradisi Mecaq Undat ini yang telah dipelihara dan dilestarikan oleh para tokoh adat, tokoh masyarakat dan seluruh masyarakat Tabang sebagai rasa bersyukur atas nikmat yang diberikan Tuhan Yang Maha Kuasa,” harapnya. (Kar)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button