AdvertorialPemprov Kaltim

Antisipasi Kebakaran, Dishut Kaltim Gelar Sosialisasi Karhutla di Kutim

Bujurnews, Kutai Timur – Maraknya terjadi kebakaran hutan dan lahan saat musim kemarau di Indonesia, Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) gelar Sosialisasi Pencegahan Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Pelangi Room 2, Hotel Royal Victoria, Kecamatan Sangatta Utara, Kamis (15/6/2023).

Kepala Dishut Kaltim melalui Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Kecamatan Bengalon, Nasrudin Alamsyah menyampaikan, kebakaran hutan dan lahan merupakan masalah bersama yang harus segera ditanggulangi.

Menurutnya, hal ini tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, tapi masyarakat juga harus ikut turun tangan dalam menanganinya.Perlu diingat bahwa kebakaran hutan dan lahan telah menimbulkan kerugian ekonomi, ekologi maupun kesehatan.

“Karena itu, dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, pemangku kawasan, pemegang izin baik kehutanan, perkebunan, maupun pertambangan harus memiliki SDM dan sarana prasarana karhutla,” bebernya.

Salah satu bentuk keseriusan pemerintah dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan ini, yaitu dengan dibentuknya satuan tugas pengendalian kebakaran hutan dan lahan dari tingkat pusat hingga kecamatan.

Jadi tiap pemegang izin kawasan hutan dan lahan wajib membentuk Brigdalkarhutla serta harus melibatkan relawan dari masyarakat dalam bentuk organisasi Masyarakat Peduli Api (MPA) dan Kelompok Tani Peduli Api (KTPA).

“Keberhasilan pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan hanya bisa diwujudkan melalui koordinasi dan kerjasama yang baik, erat dan solid” tegasnya dihapadan 50 peserta yang hadir. (Adv/Dd/Ja)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button