AdvertorialKukar

Lomba Kelurahan Sehat, Maluhu Lakukan Sejumlah Persiapan

Foto : Lurah Maluhu, Tri Joko Kuncoro memberikan bantuan perlengkapan wc untuk masyarakat. (Istimewa)

Bujurnews, KUTAI KARTANEGARA – Dinas Kesehatan Kutai Kartanegara (Dinkes Kukar) memilih Kelurahan Loa Ipuh untuk mengikuti Lomba Kelurahan Sehat.

Lurah Maluhu, Tri Joko Kuncoro mengatakan saat ini proses persiapan berkas dan administrasi saat ini sedang dilakukan. Ia menyatakan komitmennya untuk memenuhi semua indikator kesehatan yang diperlukan dalam penilaian.

“Ini sudah mulai proses penilaian, dari berkas hingga administrasi sudah berjalan,” kata Joko.

Kriteria yang menjadi sorotan meliputi kebersihan lingkungan, praktik cuci tangan yang baik, fasilitas sanitasi, serta pengendalian potensi penyakit lingkungan. Joko dengan bangga menyebut bahwa di Maluhu, kasus seperti demam berdarah, yang merupakan indikator penyakit lingkungan, hampir tidak ada.

Kendati demikian, ia mangakui masih ada beberapa tantangan yang harus diatasi, seperti keberadaan toilet yang tidak memenuhi standar. Sebagai respons, pihak kelurahan bersama warga telah melakukan gotong royong untuk membangun fasilitas yang sesuai dengan standar kesehatan.

“Kami dari kelurahan beserta warga iuran dan gotong royong membuatkan wc yang sesuai standar kesehatan,” ucap Joko.

Joko mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan memastikan lingkungannya bebas dari sumber penyakit, terutama tempat yang bisa menjadi habitat nyamuk pembawa penyakit. (Kar)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button