KotaKutim

Pocil Wiratama Cendekia SDN 001 Sangatta Utara Tampil Memukau di Lomba Polisi Cilik

Bujurnews, Kutai Timur – Polisi Cilik (Pocil) Wiratama Cendekia Angkatan ke- II dari SDN 001 Sangatta Utara yang mewakili Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kutim, berhasil tampil memukau di hadapan para juri Lomba Polisi Cilik, di Halaman SDN 001 Sangatta Utara, Rabu (12/6/2024).

Kegiatan tersebut dalam rangka “Pembelajaran Berlalu Lintas Sejak Dini dan Upaya Memberikan Motivasi Kepada Polisi Cilik sebagai Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas, Kortantas Polri dan Ditlantas Polda”. Turut hadir Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Kalimantan Timur AKBP Windia Nugraha, Kasat Lantas Polres Kutim AKP Isnan Fatah, Kepala Sekolah SDN 001 Sangatta Utara Tri Agustin Kusumaningrum, Pejabat Fungsional pengembang kurikulum Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kutim Slamet Riyanto, dan para wali murid.

“Alhamdulillah, kita telah melalui penilaian Polisi Cilik Polres yang mewakili Polres Kutai Timur. Pocil di SD Negeri 001 Sangatta Utara ini bekerja sama dengan Polres Kutai Timur, dan kami sangat berterima kasih kepada tim dari Polda yang berkenan berkunjung ke sekolah kami,” ujar Kepala SDN 001 Sangatta Utara Tri Agustin kepada awak media usai kegiatan.

Tri Agustin juga mengatakan, Pocil di SDN 001 Sangatta Utara memiliki 31 anggota yang terdiri dari siswa kelas 4 dan 5. Ia menyampaikan bahwa program ini akan terus berlanjut dengan rekrutmen anggota Pocil secara bertahap setiap tahunnya.

“Kami akan melakukan rekrutmen untuk Pocil secara bertahap sehingga setiap tahun ada angkatan-angkatan Pocil selanjutnya,” tambahnya.

Ia menjelaskan bahwa proses rekrutmen Pocil dilakukan dengan kerja sama antara SDN 001 dan Polres Kutai Timur. Seleksi dilakukan berdasarkan tinggi badan, kesehatan, dan prestasi siswa. “Anak-anak yang berprestasi lebih diutamakan. Harapannya, mereka adalah calon pemimpin masa depan dalam rangka menyambut Ibu Kota Nusantara (IKN),” jelasnya.

“Kegiatan hari ini menunjukkan hasil pembinaan bersama tim Pocil yang telah berlangsung selama kurang lebih satu tahun,” sambungnya.

Ia berharap program Pocil ini dapat membentuk siswa menjadi tim penegak disiplin di sekolah serta menjadi teladan bagi teman-temannya. “Melalui Pocil, diharapkan mereka bisa menjadi tutor sebaya yang menularkan karakter-karakter baik kepada teman-temannya,” tambahnya.

Tri Agustin juga menyebutkan bahwa Pocil SDN 001 Sangatta Utara telah berpartisipasi dalam lomba Pocil dua kali. Pertama kali pada tahun 2018, kemudian sempat vakum pada tahun 2019 dan 2020 karena pandemi COVID-19, dan kini aktif kembali sejak tahun 2022. “Alhamdulillah, kami bisa bangkit lagi pada tahun 2022 sampai saat ini,” pungkasnya.(adl/ja)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button