AdvertorialBontangKominfo BontangKota

BONAFEST 2024 Jadi Berkah Bagi UMKM

Bontang – Bontang Innovation and Creative Festival (BONAFEST) 2024 menjadi berkah bagi pelaku UMKM yang berpartisipasi di lapangan sepak bola Kelurahan Tanjung Laut, Bontang Selatan. Acara yang dimulai dari 1 hingga 5 Oktober 2024 ini digelar untuk merayakan Hari Ulang Tahun Kota Bontang yang ke-25 dan Hari Batik Nasional.

Salah satu daya tarik utama festival ini adalah bazar UMKM, yang merupakan upaya Dinas Koperasi Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kota Bontang untuk memberi ruang bagi para wirausaha.

Melalui kolaborasi dan pertukaran ide, diharapkan UMKM dapat meningkatkan daya saing serta kesejahteraan mereka.

UMKM memegang peranan penting dalam ekonomi masyarakat dan memiliki kontribusi yang signifikan. Meskipun usaha berskala kecil, UMKM menjadi salah satu faktor pendorong meningkatnya pertumbuhan ekonomi di suatu Daerah.

Sekretaris Daerah Kota Bontang, Aji Erlynawati, mengatakan bahwa kegiatan BONAFEST merupakan ajang memeriahkan HUT Kota Bontang ke-25.

“Kegiatan ini merupakan pembukaan dalam memperingati HUT Kota Bontang ke-25, yang merupakan kegiatan kita bersama untuk memajukan perekonomian di Kota Bontang. BONAFEST menjadi ajang yang sangat strategis bagi pelaku usaha kecil dan masyarakat untuk saling berinteraksi, berbagi ide, serta berkolaborasi dalam menciptakan inovasi dan meningkatkan daya saing, baik di pasar lokal maupun di pasar nasional, sampai internasional,” ungkapnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat, serta menyampaikan bahwa Kota Bontang mendapatkan dua sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dari kementerian hukum.

“Alhamdulillah, tadi sudah disampaikan kita mendapatkan sertifikat HKI dari kementerian hukum. Terima kasih. Tadi ada dua hal kekayaan intelektual, alhamdulillah Bontang bisa mendapatkan dua. Tentunya, ke depan kita harapkan semakin banyaknya pendampingan atau pelatihan-pelatihan, baik itu untuk kalian dan UMKM, agar lebih baik lagi untuk menuju pasar internasional,” pungkasnya.

Salah satu pedagang di Bazar BONAFEST 2024, Eka Syam, mengungkapkan kebahagiaannya, karena mampu meningkatkan pendapatannya. Dia berharap pemerintah Kota Bontang terus memberi ruang-ruang seperti ini di masa mendatang.

“Saya merasa senang dengan hadirnya acara ini, karena mampu memberi pemasukan yang lebih. Saya berharap kegiatan seperti ini bisa dilakukan berulang kali ke depannya,” ujarnya.

Dengan harapan bahwa festival ini akan terus berlanjut, para pelaku UMKM merasa optimis akan masa depan usaha mereka di Kota Bontang. (adv/ape)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button