Kota

Ferkushi Kutai Timur Gelar Sport Science Cabor Kurash

Bujurnews, Kutai timur – Pengurus Federasi Kurash Indonesia (Ferkushi) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menggelar kegiatan Sport Science Cabor Kurash dengan tema “Sosialisasi Pengembangan Olahraga Kurash di Kabupaten Kutai Timur”, Kegiatan tersebut berlangsung pada tanggal 17-18 Oktober 2023 di Aula Hotel MS Sangatta.

Ketua Umum Ferkushi Kutim Dayang Rika menyampaikan, Cabor Kurash merupakan cabang olahraga yang berasal dari Uzbekistan. Menurut penelitian ilmiah terbaru secara historis usia olahraga bela Kurash ini setidaknya telah ada sejak 3.500 tahun yang lalu.

“Kurash adalah salah satu seni bela diri terlatih tertua di dunia yang mana hal ini juga diceritakan oleh penjelajah Marco Polo pada saat melintasi jalur sutra dalam catatan perjalanannya,”ujarnya.

Dayang menambahkan, Cabor Kurash memiliki prestasi pada Kejurda Samarinda 2023 perolehan medali 1 Emas, 1 Perak dan 2 Perunggu dengan dilanjutkan Kejurprov/Selekprov pada Juli dengan perolehan medali 1 perak serta lolos mengukuti Pra PON 2023 di Jakarta mewakili Kaltim atas Nama Nabil Raihan Yusmana.

“Untuk di Kabupaten Kutai Timur Sendiri Cabor kurash masuk pada tahun 2019 pada saat itu yang diketuai oleh bpk. H.Rupiansyah dengan berbagai kegiatan dan kesibukan beliau pada akhirnya beliau memberikan amanah kepasa saya untuk meneruskan menjalankan cabor ini di tahun 2020 dan terdaftar di KONI sejak tahun 2022 lalu dengan 3 pelatih bersertifikat,2 wasit bersertifikat dan 10 atlit,” tambahnya.

Kegiatan sport science cabor kurash ini dilakukan agar para peserta bisa memahami dan menerapkan prinsip-prinsip science untuk membantu meningkatkan prestasi olahraga.

Secara umum diketahui bersama terdapat 3 bidang dalam sport science yaitu: fisiologi, psikologi, dan biomekanika. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat terwujud sebuah program latihan, atau sebuah materi, untuk membentuk skuat yang fit, bugar, dan bebas cedera dalam menghadapi pertandingan nantinya.

“Untuk jumlah peserta kegiatan ini ada 76, terdiri dari 4 orang Ikatan Guru Olahraga, 20 orang Smansa ,15 orang SMK Muhammadiyah ,18 orang Smansel,1 orang Guru pendamping Smansel, 10 orang Stie Nusantara, 8 orang umum,” ujarnya.

Terakhir, Ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah meberikan bantuan dan dukungannya sehingga kegiatan Sport Science Cabor Kurash ini dapat terselenggara dengan baik.

“Saya selaku Ketua Umum Ferkushi Kabupaten Kutai Timur, mengucapkan terima kasih selain itu, kami juga memohon maaf jika dalam kegiatan ini nantinya terdapat kekurangan di dalamnya,”tutupnya

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Wabup Kasmidi Bulang,Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kutim Basrie, Ketua Umum Koni Kutim H Rudi Hartono, Narasumber Vera Saraswati pelatih kurash Indonesia SEA Games Fhilipina 2019 dan seluruh peserta kegiatan Sport Science Cabor Kurash.(adl/ja)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button