KotaKutim

DLH Kutim Distribusikan Alat Kebersihan untuk Tingkatan Layanan

Bujurnews, Kutai Timur – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kutai Timur kembali mendistribusikan sejumlah alat kebersihan yaitu 10 unit dump truk, 55 unit motor 3 roda, 3 unit mesin jahit, 5500 unit tong sampah untuk 5 kecamatan, 20 unit mesin pemotong rumput dan 125 unit komposter.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kutim, Armin Nazar mengungkapkan sumber daya manusia (SDM) di unit kebersihan Kutim berada di posisi 60 persen. Di mana, index kepuasan masyarakat terkhusus di wilayah sangatta dengan pelayanan kebersihan kini mencapai 80 persen.

“Hal ini membuat kami semakin bersemangat dan alhamdulillah ini semua berkat kerja sama teman-teman yang ada di unit pelayanan teknis (UPT) dan dukungan yang sangat besar dari pemerintah kabupaten. Setelah kami memperhatikan kondisi kecamatan-kecamatan yang ada di Kutim, tingkat perkapitalnya sangat tinggi dan juga hal itu menimbulkan peningkatan sumbangsi sampah,” ungkap Armin Nazar.

Armin menambahkan, ada beberapa kecamatan yang menjadi darurat sampah. Maka dari hal tersebut, dibutuhkan sarana penunjang kebersihan di kecamatan-kecamatan yang ada di Kutim.

“Kegiatan yang ada di 2023 ini terkait dengan perlengkapan persampahan. Di mana, 55 unit motor 3 roda, 14 diantaranya pengadaan murni dari DLH dan 41 unit lainnya dari Pokok-pokok pikiran (pokir) dewan,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Bupati Kutai Timur, Ardiansyah Sulaiman menambahkan penyerahan program pemerintah ini merupakan kebijakan pemerintah yang tertuang didalam tanda tangan bupati. Maka dari hal itu, pihaknya menegaskan agar tidak adanya penyelewengan terkait pendistribusian alat kebersihan.

“Ini roda enam yang kita berikan ditambah bak-bak sampah dan beberapa roda tiga. Kita berharap ini menjadi suatu alat yang memang membantu kegiatan di lapangan, terkait dengan pengolahan sampah,” ujar Ardiansyah.

Perlu diketahui, beberapa instansi dan kecamatan yang menerima alat kebersihan tersebut diantaranya bank sampah unit Bumi Rejo mendapatkan 1 unit roda 3, 1 unit mesin pencacah pilah, 1 unit mesin jahit, dan 5 unit komposter. RT 32 Kecamatan Sangatta Utara mendapatkan 1 unit motor 3 roda, 1 unit mesin pencacah pilah, 5 unit komposter.

Selanjutnya, Bank sampah unit kanal 3 mendapatkan 1 unit mesin jahit, 5 unit komposter. Kecamatan Bengalon, Kecamatan Sangkulirang, Kecamatan Kaliorang, Kecamatan Muara Wahau dan Kecamatan Muara bengkal mendapatkan masing-masing 1 unit truck sampah. Adapun Kecamatan Sangatta Utara mendapatkan 4 unit truck sampah dan Kecamatan Sangatta Selatan mendapatkan 2 unit truck sampah.(adl/mar)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button