AdvertorialKukar

Kesenian Kuda Lumping Desa Bhuana Jaya, Edi Damansyah Apresiasi Kelestarian Budaya Tetap Terjaga

Foto : Bupati Kukar turut memeriahkan pertunjukkan Kuda Lumping di Desa Bhuana Jaya. (Prokom Kukar)

KUTAI KARTANEGARA – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah merasa bangga atas upaya masyarakatnya dalam menjaga kelestarian budaya, salah satunya pertunjukkan Kuda Lumping di Desa Bhuana Jaya Kecamatan Tenggarong Seberang oleh pelaku seni Turonggo Sri Margo Mulyo (TSMM), Selasa (27/6/2023).

 

Edi Damansyah disambut oleh ribuan warga disepanjang jalan menuju arena panggung pertunjukan. Tampak saat diatas panggung, ia juga ikut bergoyang bersama penari kuda lumping.

 

“Saya bangga atas kebudayaan yang terus berjalan ini, apresiasi yang tinggi untuk perangkat desa, tokoh masyarakat dan pelaku seni yang ada di Bhuna Jaya, khususnya kesenian kuda lumping Turonggo Sri Margo Mulyo,” ucapnya.

 

Ia mengatakan kesenian ini semakin eksis di Kukar, kendati kesenian kuda lumping tersebut berasal dari Pulau Jawa dan patut bersyukur seni budaya tersebut dapat terus dilestarikan dengan baik.

 

“Semoga ini terus dirawat ke generasi penerus, dan juga berdampak bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Bhuana Jaya, saya melihat banyak yang berjualan dan mendapatkan pundi-pundi rupiah dari para pengunjung yang menikmati pertunjukan seni kuda lumping ini,” tutupnya. (Kar)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button