AdvertorialKutim

Bupati Kutim Dorong Pokdarwis Menjadi Ujung Tombak Kelola Pariwisata 

Pemkab Kutim 2022

Bujurnews – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim), mendorong kelompok sadar wisata yang tersebar di 18 Kecamatan itu mampu menjadi ujung tombak sektor pariwisata daerah dengan mengelola objek wisata secara profesional yang memiliki nilai jual tinggi.

“Pokdarwis yang dibentuk harus mampu menunjukkan eksistensi mengelola sektor pariwisata kita. Harus ada produk wisata yang punya nilai jual di luar,” ujar Ardiansyah Sulaiman dalam acara Sosialisasi Sadar Wisata dan Sapta Pesona serta Pengumuman Hasil Lomba Pokdarwis tingkat Kabupaten Kutim, di Caffe dan Restauran, Teras Belad, Selasa (19/7/2022).

Orang nomor satu di Kutim itu menyebutkan salah satu pokdarwis yang dinilai cukup baik mengelola objek wisata adalah Pokdarwis Trigona Reborn, Desa Sangatta Selatan.

“Setiap anggota pokdarwis di Trigona Reborn telah melakukan tugasnya dengan baik terutama dalam mempromosikan wisata di lingkungannya serta membuat terobosan produk yang menjadikan wisatawan tertarik untuk membeli,” sebutnya.

Ia mengatakan pemerintah akan terus berupaya memberikan pembinaan kepada pokdarwis yang telah terbentuk.

Tujuan dibentuknya pokdarwis agar objek wisata yang ada di Kutim dapat dikelola secara lebih maksimal.

Diakui Ardiansyah, pengembangan wisata di setiap daerah tidak pernah lepas dari peran serta kesadaran masyarakat dan pemuda di daerahnya.

“Kemajuan objek wisata dari sisi bisnis tentunya akan berdampak pada peningkatan pendapatan asli daerah kita juga,” katanya.

Lebih jauh Ia berharap, dengan sosialisasi Pokdarwis dan Sapta Pesona Pokdarwis atau para penggiat wisata di Kutim ini dapat lebih meningkatkan pemahamannya dan bisa menularkan ke masyarakat sekitar.

“Bahkan menciptakan lagi destinasi-destinasi yang terbaik. Saya tidak menyebut terbaru tapi terbaik. Kenapa karena sampai sekarang ini, tempat kita ini indah makanya saya sebut dengan Magic Land,” tandasnya. (BJN-01)

Editor: Raymond

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button