KotaKutim

Wakil Bupati Kutim Hadiri Peringatan Hari Jadi Desa Sempayau ke-51

Bujurnews – Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim), Kasmidi Bulang, bersama jajarannya menghadiri peringatan hari jadi Desa Sempayau Kecamatan Sangkulirang yang ke-51 di lapangan voli Desa Sempayau, Kecamatan Sangkulirang, Rabu (31/07/2024).

Acara tersebut dihadiri oleh anggota DPRD Kutim dari fraksi PPP, M. Ali, Camat Sangkulirang H. Rahmat, forkopimcam, perangkat desa, tokoh masyarakat, dan pemuda. Puncak perayaan ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Wabup Kasmidi Bulang yang diberikan kepada Kepala Desa Sempayau.

Berbagai lomba tradisional seperti menyumpit, begasing, asin naga, belogo, memanah, dan balap ketinting juga digelar. Kasmidi membuka lomba olahraga tradisional Begasing yang diikuti oleh camat dan anggota dewan.

Dalam Sambutannya, Kepala Desa Sempayau Muhammad Sofendi, menyampaikan ucapkan selamat datang Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang yang telah berkenan hadir pada hari jadi Desa Sempayau di Kecamatan Sangkulirang yang ke-51. Ia menjelaskan, bahwa Desa Sempayau termasuk desa yang sangat tua di Kutai Timur.

“Desa Sempayau sebenarnya usianya lebih dari 51 tahun, dahulu letaknya berada di belakang sungai dengan nama Sempayan. Dengan seiring berjalannya waktu terjadi perpindahan karena sulitnya akses disana (lokasi desa sebelumnya). Maka sekarang letaknya ada di kuala. Pada tahun 1973 barulah keluar SK yang dinamakan Desa Sempayau,” ungkap Sofendi.

Lebih lanjut Muhammad Sofendi mengatakan bahwa Desa Sempayau baru pertama kalinya merayakan hari jadi, yaitu pada tahun 2024 ini.

“Dan pada pelaksanaan kegiatan ini direncanakan akan berlangsung selama 5 hari yang dirangkai dengan berbagai kegitan olahraga tradisional,” ucapnya.

Pada kesempatan itu Wabup Kasmidi mengapresiasi perayaan yang baru pertama kalinya dilaksanakan Desa Sempayau. Menurutnya ini merupakan suatau sejarah berdirinya suatu kampung yang telah menjadi desa dan mungkin akan menjadi kecamatan dengan berjalannya waktu, karena perkembangan.

“Untuk sejarah tidak boleh dilupakan, harus selalu di kenang. Dengan adanya sejarah itu berarti ada proses waktu, ada proses perjalanan sehingga terbentuknya peradaban di sini. Lambat laun proses ini akan berjalan terus, masyarakatnya bertambah tentunya banyak sekali yang harus kita benahi. oleh karena itu atas nama Pemerintah Daerah saya memberikan apresiasi dan terimakasih sudah di undang,” tutur Kasmidi.

Dengan hari jadi Desa Sempayau yang ke-51 tentunya ini menjadi momen kebersamaan. Rangkaian kegiatan ini bagi saya merupakan bukti kebersamaan dari masyarakat Desa Sempayau, untuk senantiasa bersama mengingat, mensyukuri nikmat dan mengisi peringatan hari ulang tahun desanya dengan kegiatan yang mendidik, menghibur serta menumbuhkan semangat kebersamaan.

“Dengan peringatan hari jadi Desa Sempayau yang ke 51 ini, jadikan sebagai momentum untuk menjalin silaturahmi bagi seluruh elemen masyarakat Desa Sempayau. Demi terwujudnya Desa Sempayau yang aman, tentram dan damai,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Sangkulirang H. Rahmat sangat mengapresiasi kehadiran Wabup Kutim, Kasmidi Bulang yang selalu hadir di Kecamtan Sangkulirang jika di undang untuk hadir.

“Dengan berbagai kesibukan dan kegiatannya, Wabup Kasmidi Bulang jika kami undang beliau sangat respon dan menghargai, sehingga beliau hadir di tengah-tengah kita,” ucap Rahmat.(adl/ja)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button