KotaKutim

Gelar Pasar Murah, Dinas Ketahanan Pangan Siapkan 40 Ribu Kupon

Bujurnews, Kutai Timur – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP), menggelar Pasar pangan murah sejak tanggal 17 – 20 Oktober 2023. Selain itu sebanyak 40 ribu kupon juga telah disiapkan untuk masyarakat di wilayah Kabupaten Kutai Timur.

Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Kutim, Bennie Hermawan menyampaikan 40 ribu kupon tersebut untuk syarat membeli paket sembako yang disediakan seperti beras 5 kilogram, gula pasir 1 kilogram, minyak goreng, bawang merah dan bawang putih.

“Kami juga bekerja sama dengan Bulog dan menyiapkan sebanyak 6 ton sembako yang terdiri dari beras, gula pasir dan minyak goreng, dalam mengefisienkan pendistribusian perhari pihaknya menyediakan 10 ribu kupon,” jelasnya.

Adapun pemicu kenaikan harga di beberapa komoditi bahan makanan pokok tersebut karena kelangkaan barang di pasaran, Imbas dari adanya perubahan cuaca yang tidak menentu selama beberapa bulan terakhir.

“Ini rangkaian pekan bulan pangan dan gizi serta gerakan pasar pangan murah, tujuannya untuk menstabilkan harga dan inflasi,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman, mengatakan dampak cuaca El-nino yang sedang tranding di berbagai negara salah satunya dipersoalan pangan.

“Tapi kita di Indonesia tidak terlalu terdampak, hanya persoalan sekarang kita masuk pada musim El-nino yang sudah pasti berpengaruh pada produksi para petani,” katanya .

Ardiansyah menambahkan pihaknya telah menyaksikan di beberapa wilayah kecamatan yang ada di Kutim kondisi cuaca bervariasi, sebab di beberapa kecamatan masih ada hujan. Meskipun demikian hujan tersebut turunnya kadang kala hanya sebulan sekali, tetapi pada dasarnya saat ini masih musim el-nino.

Oleh Karena itu, dirinya mendukung kegiatan pasar pangan murah yang dianggap menjadi solusi bagi masyarakat dalam mengendalikan ketahanan pangan.

“Ini (tanaman sayur) termasuk panganan yang bisa kita olah di pekarangan, tidak membutuhkan lahan yang luas,” ucapnya.

Pasar pangan murah digelar, di Halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan Kutai Timur, Kawasan Perkantoran Bukit Pelangi, Sangatta, Kutai Timur.(adl/ja)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button